DaerahPENDIDIKANSerba-Serbi

Persatuan Pewarta Warga Indonesia Gelar Pelatihan Jurnalistik Warga Di Semarang

Semarang, Pewarta – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menggelar acara Pelatihan Junalistik Warga di kota Semarang, Jawa Tengah, bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPWI Sragen. 

Pelatihan tersebut digelar Sabtu, 20 Februari 2021, di gedung Mas Gandok CS, Perumnas Pucang Gading, Semarang, Jawa Tengah dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kemampuan atau refreshing pengetahuan dalam bidang jurnalistik yang digeluti. 

Acara dikoordinir oleh Ketua DPC PPWI Sragen, Warsito Nusantoro Pamungkas, yang bahu-membahu dengan Mas Gandok CS, dalam penyiapan gedung pelatihan dan kebutuhan lainnya, karena kepastian waktu penyelenggaraan hanya berselang satu minggu. Ada 29 orang peserta yang hadir, terdiri dari anggota PPWI Semarang, Sragen, Demak, Magetan, mitra organisasi, dan anggota masyarakat lainnya, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Pelatihan Jurnalistik menghadirkan narasumber dari DPN PPWI, yaitu Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A (Pemred pewartaindonesia.com), yang sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi. Sedangkan narasumber kedua adalah Ketua II DPN PPWI, Danny PH Siagian, SE., MBA., MM (Wakil Pemred. wartamerdeka.info), dimana pada acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan lagu Mars PPWI.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A mengatakan, pelatihan Jurnalistik warga selama ini sudah menjadi standar bagi PPWI sebagai ajang meningkatkan pengetahuan dan sharing pengalaman.

“Sebagaimana yang sudah biasa kita lakukan Pelatihan Jurnalistik Warga di banyak momen, yang bekerjasama dengan institusi, instansi maupun korporasi, seperti di Mabes TNI, Mako Kopassus, Mabes Polri, Paspampres, Group Astra Internasional, dan lain-lain, bagi PPWI pelatihan semacam ini, sudah menjadi standar kebutuhan. Khususnya bagi daerah-daerah. Karena ini juga sebagai ajang bagi kita untuk saling sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman,” ungkapnya di lantai-2, gedung Mas Gandok CS, Semarang, Sabtu (20/02/2021), sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi.  

Bahkan sebelum acara dimulai, kedua narasumber diwawancara oleh PewartaTV dengan siaran langsung. Pada sesi paparan, kedua narasumber membawakan materi: Komunikasi Massa dan Dasar-dasar Jurnalistik (narasumber 1) dan pada sesi ke-II dari siang hingga sore, materi Teknik Menulis dan Menyunting Berita dan Cara Praktis Menulis Artikel Opini, oleh narasumber-2. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak, Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE menyediakan waktu hadir dan memberikan sambutannya. 

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif pelatihan jurnalistik warga seperti ini dari PPWI. Karena saya menganggap hal ini sangat penting, khususnya bagi para jurnalis di daerah dan masyarakat umum. Supaya lebih memahami bagaimana dunia tulis-menulis dan kaitannya bermedia sosial. Terimakasih kepada pak Wilson Lalengke dan pak Danny Siagian yang datang dari Jakarta, untuk berbagi dengan warga di daerah,” kata anggota DPRD dari Fraksi PDIP ini dalam sambutannya.

Menurut anggota DPRD Demak yang sudah 4 (empat) periode ini, pelatihan jurnalistik akan dapat membantu meningkatkan wawasan dan kemampuan masyarakat, termasuk jurnalis yang sehari-hari menggeluti bidang jurnalistik. Hal ini sangat penting ditengah maraknya pertumbuhan media belakangan ini, namun media yang bagus sajiannya, akan menjadi pilihan masyarakat.

Turut hadir dalam acara, mitra organisasi dari Keluarga Besar Laskar Merah Putih (LMP), Markas Daerah Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 5 (lima) orang, Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia, Magetan, dan Madiun.  Sebelum acara penutupan, dilakukan pembagian sertifikat pelatihan secara simbolis. (DANS)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button